Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Keyboard Android yang Hilang

Ihsanarena.com - Sering kali masalah pada smartphone Android terjadi bukan hanya karena kesalahan penggunanya melainkan dari pihak pembuat juga terkadang membuat kesalahan. Contoh sederhananya adalah keyboard android hilang seketika atau tidak muncul. Masalah ini kemungkinan disebabkan terjadinya bentrokan antara dua aplikasi.

Cara Mengembalikan Keyboard Android yang Hilang

Selain itu bisa juga memang sejak dari awal bawaan stockrom sudah tidak includ keyboard sehingga wajar saja ketika keyboard tidak muncul. Oleh karena itu tak jarang juga keyboard android menjadi error dan tidak bisa digunakan. Disini saya akan sedikit memberikan tips untuk mengembalikan keyboard Android yang hilang.

Cara Mengembalikan Keyboard Android Hilang

Untuk mengembalikan keyboard di Android sendiri cukup mudah caranya, setidaknya ada 3 cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi keyboard Android yang tiba-tiba hilang.

#1 Clear Data 

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi keyboard error maupun hilang. Untuk caranya juga sangat sederhana. Pergi ke setelan >> aplikasi >> keyboard >> clear data/ hapus data. Selanjutnya coba gunakan keyboard untuk menulis.

#2 Ganti Keyboard

Apabila sudah menghapus data keyboard namun tetap bermasalah dan tidak kunjung muncul maka coba gunakan keyboard android lainnya. Anda dapat mendownloadnya secara gratis melalui Google Play Store, diantara keyboard terbaiknya seperti smart keyboard, google keyboard, dan Go Keyboard. Silahkan Anda pilih saja satu per satu.

#3 Reset Ulang

Finalnya ketika sudah mengganti keyboard tetap aja error maka coba lakukan hard reset ulang setelan pabrik biasanya masalah aplikasi Android dapat teratasi dengan mereset ulang. Tetapi setelah menggunakan hard reset tetap gagal maka saya sarankan untuk melakukan flashing menggunakan firmware yang baru.

Baca juga:

Mungkin itu saja ya, tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi keyboard android hilang. Hal semacam ini memang agak remeh tapi tanpa keyboard Anda tidak bisa membalas pesan chatting maupun sms.

Sekian Selamat Mencoba ya!!

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Keyboard Android yang Hilang"