Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Keyboard Android Error

Ihsanarena.com - Cara mengatasi keyboard android error. Sebelum muncul smartphone Android dulu kalau ingin menulis pesan sms harus mengetik menggunakan keyboard, sedangkan sekarang setelah terjadi kemajuan dimana bukan menggunakan keypad lagi melainkan memakai touch screen sehingga jika keyboard mengalami masalah tidak perlu dibawa ke tukang service.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Keyboard Android Error

Dengan menggunakan keyboard touch screen kita menjadi lebih mudah saat ingin membalas chatting, SMS, WhatsApp, dan LINE. Meskipun kadang keyboard android juga mengalami masalah tapi tidak sesulit kerusakan pada keypad. Biasanya sih kalau keyboard itu suka keluar sendiri kemudian muncul pesan "Keyboard Android has Stoped" atau tiba-tiba keluar begitu saja.

Tips Memperbaiki Keyboard Android Error

Penyebab dari masalah keyboard di android juga beragam, bisa jadi kalau sedang pasang custom ROM keyboard yang kita pakai tidak kompatibel sehingga sering force closed atau memang aplikasi keyboard yang kita gunakan corrup data. Lalu bagaimana cara mengatasinya? gampang kok coba ikuti tips berikut ini.

#1 Hapus data keyboard

Karena kemungkinan keyboard android error disebabkan corrup data maka solusi terbaiknya adalah dengan menghapus data keyboard itu sendiri supaya bisa kembali normal. Caranya masuk ke setting >> Apps >> Keyboard >> Hapus data dan Cache

#2 Ganti dengan Keyboard baru

Apabila sudah menghapus data keyboard namun masih saja muncul pesan error atau sering keluar sendiri maka ada baiknya untuk mengganti keyboard dengan aplikasi keyboard yang lainnya. Di Play Store juga sudah disediakan beragam keyboard menarik dan gratis diantaranya: Smart Keyboard, Go Keyboard, dan Google Keyboard.

#3 Reset Ulang Setelan Pabrik

Ini merupakan solusi terakhir jika kedua cara diatas tidak berhasil mengatasi masalah keyboard error dan jika sudah reset ulang tetap saja error maka saran saya mendingan ganti ROM atau lakukan flashing ke stock ROM official.

Baca juga:

Perlu difahami jika setiap error pada smartphone Android itu berbeda-beda sehingga coba saja dari ketiga tips diatas siapa tau ada yang manjur. Kalau saya sendiri sudah pernah mencoba semuanya dan ada yang berhasil ada juga yang belum berhasil tapi kebanyakan berhasil.

Oke, demikianlah cara mengatasi keyboard android yang suka error. Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi dan Memperbaiki Keyboard Android Error "