Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#6 Cara Memperbaiki Bluetooth Error Tidak Bisa Digunakan Mengirim File

Ihsanarena.com - Mengatasi Bluetooth Error pada ponsel Android. Bluetooth merupakan sebuah layanan yang biasa digunakan untuk berbagi file antar pengguna smartphone. Baik itu IOS, Android, Windows, maupun Java telah mengusung bluetooth untuk pengiriman file. Berbagai jenis file dapat dibagikan melalui bluetooth seperti, foto, aplikasi, Mp3, dan video dapat dikirimkan dengan mudah menggunakan bluetooth. 
Akan tetapi tidak jarang layanan bluetooth ini mengalami error saat mau digunakan untuk berbagi file. Banyak sekali jenis - jenis error pada bluetooth seperti, tidak dapat pairing, tidak dapat mengakses bluetooth, tidak dapat mengirimkan file, dan masih banyak lagi tentunya kasus bluetooth yang error. 

Mengapa Bluetooth Error ? 


Sebelum mengatasi layanan bluetooth yang error kita perlu mengetahui apa saja penyebab bluetooth di smartphone menjadi error. Bluetooth error karena berbagai hal seperti membuka smartphonemu sudah di root ataupun ponsel yang kamu gunakan mengalami error pada systemnya. 

Cara Memperbaiki Bluetooth Error Tidak Berfungsi

Setelah mengetahui penyebab bluetooth error, kali ini saya akan memberikan tips dan trik untuk mengatasi bluetooth yang error pada smartphone khususnya ponsel Android. 

Hapus Data Cache dan Cookies Bluetooth

Cache ataupun Cookies yang terlalu menumpuk akan membuat kinerja bluetooth tidak maksimal sehingga tidak jarang mengalami error saat pengiriman file. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa langsung menghapus data cache bluetooth. 

Caranya : masuk setelan >> aplikasi >> bluetooth >> pilih Force Closed/ Paksa berhenti >> hapus data cache 

Gunakan Aplikasi Bluetooth Fix Repair

Solusi selanjutnya apabila bluetooth sering gagal dalam pengiriman file adalah dengan menginstall aplikasi bluetooth fix repair yang bisa kamu unduh secara gratis melalui Google Play Store. Dengan begitu pengiriman file menggunakan layanan bluetooth akan kembali normal. 

Lakukan Reboot System Smartphone

Apabila dengan cara diatas masih belum bisa teratasi masalah bluetooth yang error. Selanjutnya, lakukan reboot system, fungsinya untuk merefresh system pada smartphone. 

Caranya : Matikan smartphone >> tunggu sekitar 10 menit >> nyalakan kembali smartphone

Lakukan Factory Reset dan Hard Reset

Ketika kamu sudah melakukan semua cara diatas namun tetap saja masih gagal mengatasi bluetooth error pada ponsel Android maka langkah selanjutnya, lakukan factory reset dan hard reset pada Smartphone yang kamu gunakan. Factory dan Hard reset ini akan mengembalikan pengaturan telepon ke setelan awal pabrik seperti awal kali beli.  

Resiko dari melakukan factory reset dan hard reset adalah data di memori internal akan terhapus semua, untuk itu sebelum melakukan factory reset dan hard reset sebaiknya lakukan back up data terlebih dahulu. 

Flash Ulang dengan Firmware Baru

Cara ini adalah cara yang paling final ketika kamu telah menggunakan semua cara memperbaiki bluetooth error namun masih saja tidak berhasil maka coba lakukan install ulang firmware dengan firmware yang baru menggunakan komputer. 

Untuk flash ini harus dilakukan oleh yang sudah profesional dibidangnya namun tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba melakukan install ulang smartphone. Adapun tutorialnya bisa kamu cari di google sesuai dengan device yang kamu gunakan. 

Perbaiki IC Bluetooth atau ganti dengan IC Bluetooth yang baru

Selanjutnya, kemungkinan kerusakan terjadi pada bagian harfware tepatnya pada IC Bluetooth. Biasanya IC Bluetooth mengalami konslet karena suhu smartphone yang panas maupun karena batingan yang menyebabkan konslet pada IC Bluetooth. 

Solusinya adalah dengan membawanya ke service center agar diperbaiki oleh para teknisi smartphone. 
Itulah beberapa Tips untuk memperbaiki Bluetooth Error tidak bisa menyala dan mengirim file. Dengan melakukan tips dan trik diatas semoga dapat mengatasi masalah bluetooth yang error di smartphone kamu. Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil. 

Posting Komentar untuk "#6 Cara Memperbaiki Bluetooth Error Tidak Bisa Digunakan Mengirim File"