Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kuota Internet Tidak Bisa Digunakan Untuk Internetan

Fonetekno - Kuota internet saat ini menjadi barang yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang, terutama di Indonesia, terlebih lagi dengan semakin berkembang pesatnya teknologi smartphone, membuat kebutuhan akan kuota internet menjadi semakin besar. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan kuota internet, membuat banyak provider mengeluarkan berbagai macam paket internet murah, dan paket tersebut bisa kita gunakan untuk internetan secara bebas, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Kuota Internet Tidak Bisa di Pakai Untuk Internetan

Namun, seperti yang sudah kita ketahui secara umum, ada banyak sekali gangguan teknis pada provider yang kita gunakan, seperti internet yang tidak bisa tersambung, bahkan yang terbaru ini kuota internet tidak bisa digunakan untuk internetan.

Mengapa bisa seperti itu, berikut ini adalah penyebab mengapa kuota Internet yang kita miliki tidak bisa digunakan untuk internetan.

Penyebab Kuota Internet Tidak Bisa Dipakai

Kuota Internet Tidak Bisa di Pakai Untuk Internetan

Setidaknya ada 4 penyebab mengapa internet di smartphone kita tidak bisa dipakai meskipun kita memiliki banyak kuota internet, yaitu.

1. Ada Gangguan Jaringan

Penyebab yang pertama adalah gangguan jaringan, hal ini sudah umum terjadi, dimana meskipun kita memiliki kuota internet ratusan GB, tapi jika kondisinya sedang gangguan, maka kuota internet tidak bisa digunakan. Disini kita hanya bisa menunggu hingga gangguan nya selesai.

2. Kartu Sedang Dalam Masa Tenggang

Lanjut penyebab yang kedua adalah, kartu sedang dalam masa tenggang atau masa aktif habis, setiap provider menerapkan kebijakan, bahwa setiap kartu yang masa aktifnya sudah habis, maka sudah tidak bisa digunakan, untuk itu kita harus memperpanjangnya dengan cara mengisi pulsa.

3. Kuota Habis

Habis kuota, hal ini tentu sudah pasti ya, kita tidak bisa internetan, hehe.. untuk itu rajinlah mengecek kuota internet, apakah masih tersedia atau sudah habis, disarankan untuk memasang aplikasi agar pengecekan bisa lebih mudah.

4. IMEI Tidak Terdeteksi (Null / Hilang)

Penyebab keempat walaupun jarang terjadi, namun banyak yang mengalami, kuota internet tidak bisa digunakan karena IMEI tiba-tiba hilang invalid / null sehingga membuat sinyal menjadi tidak terdeteksi.

Diatas merupakan 4 penyebab mengapa tiba-tiba kuota internet tidak bisa digunakan, nah tibalah kita harus mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Kuota Internet Tidak Bisa Digunakan Untuk Internetan

Jika kasusnya kuota internet masih banyak, namun tidak bisa digunakan untuk internetan, maka di artikel ini saya akan memberikan 4 cara yang bisa dipraktekkan secara langsung.

1. Setting APN

Cara yang pertama adalah mengatur APN (Access Point Name), APN merupakan suatu pengaturan yang penting dalam jaringan, karena dengan APN kita akan bisa terhubung ke jaringan Provider, berikut adalah bagaimana cara mengatur APN di Android.
  • Buka pengaturan Smartphone.
  • Klik menu Jaringan & Internet.
  • Setelah itu, pilih Jaringan Seluler.
  • Gulir kebawah hingga menemukan menu APN.
  • Lalu atur APN nya.
Berikut ini adalah APN dari beberapa Provider di Indonesia.

Telkomsel

Name : Telkomsel 4G
APN : Telkomsel

Name : Internet
APN : Internet

Indosat

Name : Indosat
APN : Internet

XL

Name : xlunlimited
APN : xlunlimited

Three Indonesia

Name : 3GPRS
APN : 3data

2. Restart Smartphone

Jika masih belum berhasil cobalah untuk restart Smartphone anda terlebih dahulu, dengan melakukan restart, itu berarti smartphone akan kembali disegarkan sistem nya, nah disini tinggal tunggu hingga jaringan nya selesai terkonfigurasi.

3. Coba Gunakan Mode Pesawat

Cara yang ketiga adalah coba gunakan mode pesawat, fungsi menggunakan mode pesawat ini adalah, agar jaringan yang kita gunakan bisa terkonfigurasi ulang, pertama silahkan hidupkan mode pesawat,setelah itu matikan lagi mode pesawat, dan coba untuk gunakan internetnya.

4. Cek Paket Internet

Jika masih belum berhasil juga, cobalah untuk cek paketan internet kamu, dan lihat ketentuan dari paket kuota internet yang kamu miliki, apakah ada batas waktu atau tidak.

Baca Juga:
Itulah beberapa penyebab dan juga bagaimana cara mengatasi kuota internet yang tidak bisa digunakan untuk browsing atau internetan, jika masih belum berhasil, nanti akan saya update informasi selengkapnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kuota Internet Tidak Bisa Digunakan Untuk Internetan"