Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Bilangan Prima ke-N Menggunakan C++ Beserta Source Code

Dalam Matematika, bilangan prima merupakan sebuah bilangan yang hanya bisa dibagi dengan bilangan itu sendiri, jadi ketika bilangan tersebut dengan bilangan lain, maka menghasilkan desimal bukan nilai dalam bilangan bulat. Contoh bilangan prima adalah 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23.


Proses pencarian bilangan prima, bisa dilakukan dengan cara manual juga bisa menggunakan sebuah program, menggunakan bahasa pemrograman, untuk menggunakan bahasa pemrograman bisa menggunakan bahasa pemrograman C++.

Pada artikel ini, saya akan memberikan contoh program, tentang bagaimana cara menentukan bilangan prima ke-N, menggunakan bahasa pemrograman C++, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Contoh Program Untuk Menentukan Bilangan Prima ke-N Menggunakan C++

#include <iostream>
using namespace std;

int bil[20000];
long int Prima()
{
    long int t=1,i,j,m=0;
    bool tmp[150001];
    for (i=1;i<=150000;i++)
    tmp[i]=true;
    tmp[1]=tmp[0]=false;
    for (i=2;i<=150000;i++)
    {
        for(j=i*2;j<=150000;j=j+i)
            tmp[j]=false;
    }
    for (i=1;i<=150000;i++)
        if(tmp[i])
        {
            m++;
            prima[m]=i;
        }
}

Sedikit penjelasan, dari program diatas sudah terdapat bahwa nilai n adalah 150.000 sehingga proses pencairan pada bilangan prima dimulai dari angka 2 hingga 150.000, nah jika anda melakukannya dengan cara manual, tentu membutuhkan waktu yang sangat lama.
Nah, untuk itu dengan program diatas maka untuk menentukan bilangan prime ke-N bisa lebih mudah, untuk batasan pencarian nilai bilangan prima bergantung dengan tipe data yang digunakan didalam source code yang sudah dibuat, jika bilangan prima yang akan dicari mencapai hingga 1.000.000 maka anda harus menggunakan tipe data double, karena tipe data double bisa menjangkau nilai lebih luas dari pada tipe integer dan float.

Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Bilangan Prima ke-N Menggunakan C++ Beserta Source Code"